Virtual Mesin ( satu mesin banyak raga )

Definisi dari Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_machine) adalah sbb: A virtual machine (VM) is a “completely isolated guest operating system installation within a normal host operating system”. yang kalau diterjemahkan secara bebas adalah sistem operasi di dalam sistem operasi .. loh kok bisa ? ya bisa-bisa aja dan bahkan satu sistem operasi yang selanjutnya kita sebut HOST dapat menampung banyak sistem operasi yang selanjutnya disebut GUEST.

Masih belum mudeng ? simpelnya begini: Normalnya sebuah komputer dapat menjalankan hanya satu sistem operasi dalam satu waktu namun dengan bantuan software yang bernama Virtual Machine maka di dalam komputer (OS) dapat kita buat lagi komputer-komputer virtual yang tentu saja dapat kita installkan os di dalam komputer-komputer vitrual tersebut.

Intinya sih sebenarnya si Virtual Machine ini membohongi sistem operasi dengan seolah-olah membuat konfigurasi hardware komputer secara fisik lengkap (processor, memory, harddisk, vga card, kartu jaringan, dll) beserta konfigurasi BIOS namun padahal itu cuma emulasi atau bohongan.

Ya karena dia mampu membuat emulator fisik komputer maka setiap set emulator fisik komputer tersebut dapat kita konfigurasi secara bebas seperti berapa jumlah prosesor yang harus diaktifkan, berapa kapasitas RAM, kapasitas Harddisk, jumlah harddisk, kartu jaringan, urutan booting lewat biosnya dan lain-lain dengan tentu saja hal tersebut di batasi oleh kemampuan hardware induk semang (HOST komputer tempat diinstallnya Virtual Machine tersebut).

Virtual machine yang berbasis hardware (System hardware virtual machine software) sebenarnya banyak sekali namun yang kita bahas kali ini adalah Virtual Machine yang pernah penulis pakai dan juga yang paling terkenal di jagat persilatan IT sbb:
1.Virtualbox dari SUN (Sd sekarang lisensinya masih gratis)
2.VMWare Workstatton (Berbayar)

Virtualbox

Versi terbaru virtualbox terbaru pada saat tulisan ini dibuat adalah versi 4.1.6. Virtualbox gratis dan jalan di Windows, Linux, Solaris dan Mac OSX. VirtualBox dapat didownload di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads

VMWare Workstation

Versi terbaru dari VMWare Workstation adalah versi 8.0. VMWare secara lisensi adalah berbayar dan VMWare dapat diinstall di linux dan windows. VMWare Workstation versi trial 30 hari dapat didownload di http://downloads.vmware.com/d/info/desktop_downloads/vmware_workstation/7_0

Jadi silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Sepengalaman penulis VirtualBox yang gratis sudah cukup dan mampu menjawab kebutuhan untuk virtualisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More